Selasa, 07 Februari 2012

PENGARUH BAHAN KIMIA TERHADAP PERTUMBUHAN E. COLI

A.  PRAKTIKUM KE  : 1
B.  JUDUL                   : Pengaruh bahan kimia zat antimikroba terhadap
   pertumbuhan bakteri E. coli

C.  PENDAHULUAN
1.   Latar belakang
Chatim dan Suharto (1994, 39-40) beberapa ratus tahun yang lalu, bangsa Arab telah mengenal bahwa membakar luka dengan logam yang membara dapat mencegah infeksi, walaupun penderita akan memperoleh luka parut untuk selama hidupnya. Pada tahun 1537 seorang ahli bedah asal Perancis, Ambroise Pare mengobati luka tembak dengan pembalut yang dibasahi dengan kuning telur dan terpentin. Terpentin berfungsi sebagai pembakar kimia dan kuning telur akan menyuplai enzim lisozim yang bersifat antibakteri. Konsep antiseptis kemudian diterapkan oleh Ignaatz Semmelweis (1816-1865) dan Joseph Lister (1872-1912).
Semmelweis melihat bahwa insiden demam puerpuralis dalam bangsal obstetric yang dikelola oleh dokter lebih tinggi dibandingkan oleh bidan. Hal ini disebabkan karena dokter yang kurang memperhatikan mencuci tangan mereka. Ia menganjurkan agar mempergunakan chlorinate lime untuk mencuci tangan. Joseph mempergunakan asam karbol untuk mencegah infeksi akibat pembedahan.
Hingga saat ini semakin banyak zat-zat kimia yang dipakai untuk membunuh atau mengurangi jumlah organisme dan penemuan-penemuan baru terus muncul karena tidak ada bahan kimia yang mampu membunuh mikroorganisme yang ada dalam waktu tersingkat dan tanpa merusak bahan yang didisinfeksikan. Oleh karena itu, praktikum kali ini menggunakan mikroorganisme E. coliterhadap bahan kimia (betadine, bayclin dan sabun lifebuoy cair)untuk mengetahui pengaruhnya dengan melihat zona hambat yang dibentuk.Sehingga dengan adanya pembelajaran dalam praktikum ini diharapkan dapat mengetahui bahwa bahan kimia atau zat antimikroba yang terdapat dalam betadine, bayclin dan sabun lifebuoy cair dapat menghambat pertumbuhan E. coli.

2.   Tujuan praktikum
a.    Untuk mengetahui pengaruh bahan kimia (zat antimikroba) terhadap pertumbuhan bakteri E. coli.
b.    Untuk mengetahui zona hambat dan luas zona sensitifitas.

Untuk selengkapnya silahkan download Disini
tunggu 5 detik dan klik skip add pada pojok kanan atas
file berupa archieve jadi setelah selesai download klik kanan dan extract here

Semoga Bermanfaat...^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar