Jumat, 17 Februari 2012

Pengaruh ekstrak daun Psidium guajava L (Jambu Biji) terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella typhi.


A.   PRAKTIKUM KE  : 2
B.   JUDUL                   : Pengaruh ekstrak daun Psidium guajava L (Jambu
Biji) terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella typhi.

C.   PENDAHULUAN:
1.   Latar belakang
Habitat utama Salmonella adalah saluran usus manusia dan hewan. Serovarian Salmonella dapat ditemukan terutama dalam satu host tertentu, bisa di mana-mana, atau dapat memiliki habitat yang tidak diketahui. Typhi dan paratyphi A serovarian ketat manusia yang dapat menyebabkan penyakit serius sering dikaitkan dengan invasi dari aliran darah. Salmonellosis dalam kasus ini ditularkan melalui kontaminasi tinja dari air atau makanan. Gallinarum, Abortusovis, dan Typhisuis masing-masing adalah, burung, yg berhubung dgn domba, dan babi serovarian Salmonella. Host-diadaptasi seperti serovarian tidak dapat tumbuh pada medium minimal tanpa faktor pertumbuhan (bertentangan dengan serovarian Salmonella mana-mana) (Todar, 2011).
Serovarian Salmonella mana-mana (non-host-diadaptasi) (misalnya, typhimurium) menyebabkan gejala-gejala klinis yang sangat beragam, dari infeksi tanpa gejala untuk serius tifoid seperti sindrom pada bayi atau hewan yang sangat rentan tertentu (tikus). Pada orang dewasa manusia, organisme Salmonella mana-mana sebagian besar bertanggung jawab untuk infeksi bawaan makanan beracun.
Daun jambu biji mengandung total minyak 6% dan minyak atsiri 0,365%, 3,15% resin, 8,5% tannin, dan lain-lain. Komposisi utama minyak atsiri yaitu ±-pinene, ²-pinene limonene, menthol, terpenyl acetate, isopropyl alcohol, longicyclene, caryophyllene, ²- bisabolene, caryophyllene oxide, ²-copanene, farnesene, humulene, selinene, cardinene and curcumene. Minyak atsiri dari daun jambu biji juga mengandung nerolidiol, ²-sitosterol, ursolic, crategolic, dan guayavolic acids. Selain itu juga mengandung minyak atsiri yang kaya akan cineol dan empat triterpenic acids sebaik ketiga jenis flavonoid yaitu; quercetin, 3-L-4-4-arabinofuranoside (avicularin) dan 3-L-4-pyranoside dengan aktivitas anti bakteri yang tinggi.
Oleh karena itu, pada praktikum kali ini akan mengamati pengaruh zat antimikroba pada daun jambu biji terhadap pertumbuhan Salmonella typhi.

2.   Tujuan praktikum
a.    Untuk mengetahui pengaruh ekstrak daun jambu biji (Psidium guajava) terhadap pertumbuhan bakteri Salmonella typhi.
b.    Untuk mengetahui zona hambat dan luas zona sensitifitas.

D.  DASAR TEORI :
1. Salmonella typhi
Karsinah, Lucky dan Mardiastuti (1994, 168) menyatakan bahwa organisme yang berasal dari genus Salmonella adalah penyebab  bermacam-macam infeksi, mulai dari gastroentritis yang ringan sampai dengan demam tifoid yang berat disertai bekteremia. Oleh Ewing, Salmonella diklasifikasikan dalam 3 spesies yaitu Salmonella choleraesuis, Salmonella typhi dan Salmonella enteriditis

Gambar 2.1 struktur morfologi Salmonella typhi
(sumber: Todar, 2011)
Secara morfologi, Salmonella berbentuk batang, tidak berspora, pada pewarnaan Gram bersifat negatif Gram, ukuran 1-3,5 um x 0,5-0,8 um, besar koloni rata-rata 2-4 mm, mempunyai flagel peritrik kecuali Salmonella pullorum dan Salmonella gallinarum. Secara fisiologi, kuman ini tumbuh pada suasana aerob dan anaerob fakultatif, pada suhu 15-41 0C dan pH pertumbuhan 6-8. Kuman ini mati pada suhu 56 0C juga pada keadaan kering. Dalam air bisa tahan selama 4 minggu. Hidup subur pada medium yang mengandung garam empedu, tahan terhadap zat warna hijau brillian dan senyawa Natrium tetrationat dan Natrium deoksikholat. Senyawa ini menghambat pertumbuhan kuman koliform sehingga senyawa-senyawa tersebut dapat digunakan di dalam media untuk isolasi kuman Salmonella dari tinja. Salmonella choleraesius dipakai sebagai kontrol kuman terhadap preparat fenol (Karsinah, Lucky dan Mardiastuti, 1994, 168-169)

Untuk selengkapnya silahkan download Disini
tunggu 5 detik dan klik skip add di pojok kanan atas
data berupa archieve jadi setelah selesai download klik kanan dan extract here

Semoga Bermanfaat...^^ 

1 komentar:

  1. terimakasih nih pembahasannya...

    http://tokoonlineobat.com/obat-demam-tifoid-alami/

    BalasHapus